Pertanyaan yang sering di tanyakan

Apa ciri khas dari steel clad copper?

Besi sepuh tembaga (Steel Clad Copper) lebih kaku jika dibandingkan dengan tembaga itu sendiri. Besi sepuh tembaga dapat diuji dengan menggunakan magnet. Apabila kawat itu menempel pada magnet saat di dekatkan maka kawat itu terbuat dari besi selain itu juga dapat diuji dengan dikikir dengan menggunakan pisau, apabila dikikir berubah warna maka kawat tembaga tersebut terbuat dari besi yang sudah di sepuh seperti kawat tembaga.

Apa ciri khas dari kawat tembaga putih?

Kawat tembaga putih/tin copper berwarna putih mengkilat.

Apa kandungan dalam kawat tembaga ?

Kawat tembaga memiliki kandungan alumunium, besi,sulfur, arsenic, tembaga, dan antimony.

Apa perbedaan antara anneal copper dengan tin copper?

Untuk fungsi tidak ada perbedaan antara anneal copper dengan tin copper. Perbedaanya adalah di harganya. Tin copper 30% lebih mahal di banding anneal copper . Ini disebabkan oleh Tin copper adalah kawat tembaga yang sudah di lapisi timah. Makadari itu harganya lebih mahal dari yang anneal copper. Keunggulah Tin copper ini terletak pada Tin copper tidak dapat oxidasi karena timah tidak oxidasi. Tetapi Tin copper sangat tidak di sarankan untuk dijadikan kawat inti pada kabel audio. Ini dikarenakan Tin copper tidak dapat menyalurkan frequency tinggi.

Bagaimana process pembuatan kawat tembaga?

Cara pemrosesan kawat tembaga adalah dengan drawing/menarik kawat tembaga yang lebih besar menjadi kawat tembaga yang lebih kecil sesuai ukuran yang diinginkan.

Ada berapa jenis kawat tembaga?

Kawat tembaga terbagi dalam 4 jenis :

  • Tough Pitch Copper
  • Oxides Free Copper
  • Linear Crystal Oxides Free Copper
  • Ohno Continuous Casting Copper

Apa itu Linear crystal oxides free copper?

Pada kisaran tahun 1975 juga, Hitachi mengembangkan metode sendiri untuk mengurangi butiran kristal. Proses yang di namakan LC-OFC (Linear Crystal Oxides Free Copper) ini kemudian di patentkan oleh Hitachi dan menjadi produk ekslusif mereka. Tipikal krital yang dihasilkan konductor LC-OFC dalam setiap 1mm (diameter) adalah sepanjang 130 mm. Perbedaan ini sangat signifikan mengingat konduktor TPC dan OFC umumnya hanya memiliki panjang 4mm. Oleh sebab itu kabel LC-OFC dianggap lebih baik dari TPC atau OFC.

Apa itu Oxides free copper?

Akibat tuntutan dari audiphile yang semakin kritis, maka timbulah oxides free copper. Dikembangkan di jepang pada tahun 1975, process OFC sebenarnya mirip dengan process TPC. Dalam proses ini, tembaga cair dimasukan dalam wadah cetak dan kemudian di tarik. Yang membuat OFC lebih baik adalah OFC di prosess dalam ruangan hampa udara. Sehingga proses tersebut idak dipengaruhi oleh udara2 yang mengandung oxygen maupun hydrogen. Hasilnya tembaga yang di hasilkan hanya mengandung 10PPM oxygen. Jauh lebih rendah dibanding dengan TPC. Selain itu daya hantar OFC meningkat antara 0,5-2% lebih baik daripada TPC. Seiring dengan perkembangan teknologi pabrik, pembuat kabel OFC kini dapat menghasilkan bahan konduktor yang tingkat kontaminasinya sangat rendah. Dan melalui teknologi annealing ( pelunakan) dihasilkan OFC dengan butiran kristal yang halus dan rapat. Akibatnya konduktor jenis ini punya kemampuan daya hantar yang baik. Dengan process seperti ini, maka kabel yang dihasilkan melalui process OFC memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada kabel dengan process TPC. Karena itulah process ini banyak digunakan pada kabel-kabel bermerek.

Apa itu Tough Pitch Copper?

TPC dibuat dengan cara memanaskan tembaga sampai meleleh. Kemudian tembaga cair di masukan ke dalam wadah pencetakan. Wadah pencetakan berfungsi sebagai pendingin. Tembaga yang keluar dari wadah di tarik berualang kali sampai didapatkan ukuran yang diinginkan. Process ini dikerjakan dalam suhu normal. Karena semua proses dikerjakan di ruangan biasa, maka dalam proses pembuatanya, tembaga dapat terkontaminasi dengan udara sekitarnya. Yaitu oxygen dan hydrogen. Umumnya tembaga jenis ini mengandung 300-500PPM (part per million) oxygen. Kontaminasi oksigen dan hydrogen tersebut menyebabkan adanya distorsi sinyal yang sangat mengganggu. TPC adalah konduktor yang biasa kita jumpai pada kabel listrik.

Apa itu Ohno continuous casting copper?

Process OCC juga di lakukan di ruang hampa udara sama seperti prosess OFC, tetapi process peleburan dan pembentukan tembaganya berbeda. Tembaga murni cair dimasukan dalam wadah cetak yang bersuhu tinggi. Tembaga tersebut kemudian di tarik melalui process pendinginan. Process ini menghasilkan single crytal (butiran tunggal) yang homogen dan panjang yang tidak terputus-putus ataupun retak. Tipikal kristal yang dihasilkan process OCC untuk diamater 0,3mm adalah sepanjang 125 m. lagipula kadar oksigen dan hidrogennya sangat rendah atau hampir mendekati nol. Karena process pembuatan yang spektakuler inilah maka kabel yang dihasilkan memiliki beebrapa kelebihan yang sangat signifikan dibading process lainya. Kelebihan tersebut diantaranya adalah penurunan rasio tegangan pada tembaga, sehingga OCC memiliki kelenturan yang lebih baik, berat jenis yang lebih besar dan factor ‘Q’ yang lebih tinggi. OCC juga memiliki factor isolasi yang lebih tinggi terhadap pengaruh elektromagnetik. OCC single-crytal (butiran tunggal) tidak memiliki sudut sudut butiran, sehingga membuat transmisi sinyal audio menjadi lebih baik. OCC tidak menghalangi atau mengubah sinyal audio secanggih apapun dan memiliki karakter distorsi terendah didunia saat ini.